Kamis, 26 Agustus 2010

Pengenalan Tentang Komputer

  1. Apa itu Komputer ?

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam komputer ada 3 proses yaitu menerima data (input), mengolah data ( proses) dan memberikan infrormasi/hasil proses (output).


Secara global, computer terdiri dari tiga komponen utama yaitu : software (perangkat lunak), Hardware (perangkat keras) dan Brainware (manusia). System computer di butuhkan supaya computer dapat menghasilkan output yang diinginkan oleh user. Hardware adalah peralatan yang secara fisik dapat dipegang dan diraba oleh user. Software adalah suatu program computer yang berisi intruksi atau perintah supaya computer melakukan pengolahan data, sehingga menghasilkan output yang diinginkan. Dan software hanya bias dilihat dan tidak bias diraba.sedangkan brainware adalah manusiayang membuat hardware dan menyusun intruksi-intruksi menjadi software, memasang software kedalam hardware, mengoprasikan dan mengendalikan computer, sehingga computer dapat mengolah data atau interuksi tersebut menjadi hasil yang diinginkan.
arsitektur dari suatu komputer adalah sebagai berikut :


  • Input merupakan perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.

  • Prosesor adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device
Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus

mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika

(perbandingan).

�� Memori adalah media penyimpan data pada komputer. Memori ini terbagi atas dua

macam, yaitu ;

Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat

dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM

diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian

akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah

untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan

yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM

tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM

telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, al ;

a. PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan

catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.

b. RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM

dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang

diinginkan.

c. EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus

dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar

ultraviolet.

d. EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari

ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan

menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak

digunakan saat ini.

Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM

adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk

menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer

kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan

dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer.

Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka

diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, PCMCIA card

dan lain-lain.

�� Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan

keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran

berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut

diawali memasukan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa

oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam

memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui

perangkat keluaran.







INTERNET

Internet(inter-network) adalah suatu kumpulan komputer yang menghubungkan satu komputer dengan komputer (saling berkomunikasi) dan dapat berhubungan dengan komputer antara suatu negara dengan negara lainnya..

Senin, 16 Agustus 2010

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam sebuah jaringan komputer dapat mempunyai dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

Ada 3 macam jenis Jaringan/Network yaitu :
a. Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.
Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif
kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah
perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak
jauh dari sekitar 1 km persegi.
Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di
jadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan
perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun
sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer-
komputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer
yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut
dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya
selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media
kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer
lainnya.

b. Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan
Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN,
misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam
lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank
dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota
besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.
Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau
Surabaya.
c. Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar
Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya
biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut
sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia
ataupun yang ada di Negara-negara lain.

Kamis, 04 Desember 2008

2. Kapasitor

Capacitor is passive component of electronics functioning for saved energi of electrics at one blow saved electricity. Made capacitor from 2 kinds of conductor dissociated by isolator coat ( dielektrik ). There are some capacitor type. Pursuant to form, his size , and his type,capacitor earn in differentiating become three shares, that is paper Capacitor, Electrolyte Capacitor, and the Variable Capacitor.
1 Paper Capasitor, it’s capacitor consisted of two long tin sheet as paper and conductor as isolator. As for his capacities equal to 0,1 μF.
2 Elektrolyte Capacitor, it’s capacitor consisted of two sheet of alumunium as conductor, and alumunium of oxide as isolator ( insulator ). As for his capacities equal to 10 μF.
3 Variable Capacitor, it’s capacitor consisted of two corps of damper of pararel as conductor and air as isolator ( insulator). As for his capacities equal to 500 μF.
Isolator digunakan adalah plastic, mica, and ceramic. Kapasitansi capacitor is ability of capacitor for saving electricity. Set of kapasitansi is Farad(F). set of dissimilar is microfarad (μF) or piko parad ( pF).

Rabu, 19 November 2008

Theo Walcott

Moment prove x'self.
One sigh thrown by Fabio Capello as coach of timnas inggris. he feel insuffiency of resource of player of inggris [of] because too predominated by all foreign player [in] premier leanggue, highest competition in country prince carles. " my situation worse compared Marcello Lippi. In premier Leangue there's only 35 gratuity of local player. Comparing with italia reaching 72 gratuity " complain he.
his profit, in resource which the minim, slipped between some pearl. one of them is Theo Walchott. moment first time witness game of player which one this, allured Direct Capello. no wonder if player origin of this arsenal always in skuadnya since januari ago.
So far, walcoot not yet got full (of) belief remember performanya still be labile with The Gunner'S. Even, scorpion face republic of ceko at 20 of last agustus, he only become decorator of reserve bench. But, a lot of assess walchot will become one of especial team Capello because typical which like robinho and casano.
Personal Walchot ready for replying belief Don Fabio . " I will always best menunjukan appearance before Capelo. I will always exploit existing opportunity." say he. ”I very like to reside in timnas senior during the year this. hopefully I can play at nicely and hold out there.”
Farther, he the confidence will prove in timnas. reason of, he have more experienced and solid progressively with existing player. " I have resided in timnas since Cup of World and accustomed have the interaction with all existing player. that make I progressively coalescing with team." word he.
nowadays, required by player birth 16 maret 1989 is a opportunity. if that come and he able to exploit it better, ascertained Capello will more and more to put his belief to he. but whether there will be that opportunity??

Rabu, 05 November 2008

FUNDAMENTAL COMPONENT of ELECTRONICS

In structured house tanggabanyak entertainment amusement appliance equipments from fundamental component electronics, for example radio, television, phone, audio cassette recorder, and the video. That appliance is often referred as by electronic goods.
Electronics of sharing also as activator of industrial appliance, like machine in factory and plane machine. these days the electronics is almost used at all of equipments, start from jackstraws till the research. Thereby, clear that role of electronics of vital importance in our life. However, whether/what such that in fact by elektonika? any kind of fundamental component electronics?

A. Kinds of Fundamental Component of Electronics

Electronics is branch of science of electrics learning besaran-besaran of magnet electrics. component of Electronics consisted of by two shares, that is active component and component passive. Active component is component of electronics working if there is source of current from PLN, taking example dioda and transistor. Meanwhile, passive component is component of electronics which can work without rationing the energy ( source of current from PLN), for example resistor, capacitor, and the inductor.

1. Resistor
Resistor represent passive component to get certain resistance. others, resistor function to divide voltage and limit electrics current amount at one particular conductor. Legalistic the mentioned of ohm following.




Boldness:
R = Resistor (W)
V = tension (V)
I = electrics current (A)

Big minimize nya resistor determined by several things, that is pursue type, long of wide penampang kawat,dan [of] penampang strand of metal ( A).
What will be this relation component ? its relation earn in making into equation:







Boldness:
R = resistor (Ώ)
ρ = specific resistance
l = long of strand of metal
A = wide of penampang.
public Type Resistor is the in form of tube with two foot/feet of tenbaga [in] right and left. At body of there are circle of gyrate of code of colour to facilitate wearer recognize big of resistansi without measuring the level of with Ohmmeter. Code of the Colour is standard of manufaktur released by EIA ( Elektronic Industries Association) such as those which for of at table of following.








Draw 1.1 Resistor.
Warna Nilai Faktor Pengali Toleransi
Hitam 0 1
Coklat 1 10 1%
Merah 2 100 2%
Jingga 3 1.000
Kuning 4 10.000
Hijau 5 100.000
Biru 6

Violet 7

Abu-abu 8

Putih 9

Emas - 0.1 5%
Perak - 0.01 10%

Tanpa warna - - 20%




Resistansi read from colour of most next bangle up at bangle of tan tolransi, red, bullion. Generally the colour bangle of this tolerance be at body of most resistor [of] corner or also widely is more uppermost, while colour of first bangle rather a few/little into. Thereby the wearer have direct know how much tolerance from resistor. If you have deflected to determine which] first bangle hereinafter is read value resistansi

PASCAL IANGUAGE STRUCTURE RECOGNITION

Elementary Interest:
1. Student recognize and comprehend Ianguage structure Pascal
Indicator:
1. Student able to differentiate structure component Pascal Ianguage
2. Student able to make program with Ianguage Pascal
3. Application Student a or algorithm flowchart to Pascal.
A. the THEORY BASE
1. Scheme from Pascal program shall be as follows:
Program name_program.
[Lable declaration ]
[ Declaration Konstanta]
[ Type Declaration]
[ Variable Declaration ]
[ Declaration Subprogram ]
Begin
Statement ;
....
Statement;
End

2. Variable
Variable (changer) represent an name implying computer memory location which can used for saving assess, where its contents earn diubah-ubah. Variable can be looked into as abstraksi from location. result Abstraksi from variable is value from that variable. Assess from an variable altered by assignment statement. A assignment statement composed from a its his left variable begin and an expression on the right.
Sum up := B1 + B2
variable sum up altered by its value become value from expression B1 + B2 after evaluated. In an Pascal program of each every variable to be used beforehanddeclaration, where each;every variable have tohaving type. Variable declaration of good forgiving information to compiler and also assistprogrammer thinking clearly and planer.

Var
B1, B2, sum up : integer

3 Type / Type of Data
When a declaration variable hence its type is at one blow determined. Type from anvariable express
a. Value type which can be kept in location memory for the the variable, ( limiting values gathering which can be had the variable)
b. Operation type which can be done to pertinent variable
4. Statement
Statement is consecution of instruction to be executed by computer. Statement in Ianguage Pascal consisted of by two kinds of, that is a. Simple Statement that is statement which
1) Assignment Statement that is statement what is used assign value to an
variable. Follow the example of :
a:=10;
b:=a*2;
2) Statement used to call
procedure or function. Follow the example of :
calculate (a,b);
print ( a,b)
3) Jump Statement that is declaration used to skip statement other
b. statement Majemuk ( Compound Statement).
In Pascal Ianguage, statement majemuk early by begin and terminated by end.
B. GUIDE PRAKTIKUM
Type 2 listing program in the following is:
1. Program 1.1 ( prog_1_1.pas) : Kenalan, Ask Your age and name.
program kenalan;
uses wincrt;
var name: string;
age: integer;
Begin
writeln('program kenalan');
writeln(‘will ask your age and name');
write(' typing of your name '); readln(name);
write(' how much of your age ( th) '); readln(age);
writeln('name = ', name);
writeln(age ( day = ', age*365);
readln;
2. Program 1.2 ( prog_1_2.pas) : Quantifying two integer.
program sum up number;
uses wincrt;
var a,b sum : integer;
Begin
writeln('program count two number circular');
written(number 1 '); readln(a);
write(' number 2 '); readln(b);
sum up := a+b;
write('sum two number ');
write(sum);
readln;
end.
C. the Ambit 1. Scheme from program of Pascal shall be as follows:
Program name_program;
[ Lable declaration]
[ Declaration Konstanta]
[ Type Declaration]
[ Variable Declaration]
[ Declaration Subprogram ]
Begin
Statement
....
Statement;
End
2. Variable
representing a[n name implying location
memory of computer which can be used for
saving assess, where its contents earn diubah-ubah
3. Type / data type
Representing declaration of variable mentioned before playing the program so that earn menyimpan value matching with type of data mentioned.
4. Statement
Representing consecution of instruction to be executed
by computer.